Masker Wajah Untuk Kulit Kering

Kulit kering akibat berkurangnya aktivitas kelenjar minyak (sebum) di dalam jaringan dalam kulit. Kulit disebut kering kalau terasa keras, ada serpihan dan mudah terkelupas. Beberapa orang mudah mengalami kekeringan kulit akibat usia tua, deterjen, penyakit kronis, kebanyakan menggunakan sabun antiseptik dan terpajan sinar matahari. Lingkungan yang kering seprti ruang ber AC dan dalam kabin pesawat menyebabka kulit kehilangan cairan.

Ciri ciri kulit kering adalah permukaan kulit kasar, tipis dan terasa tegang. Cenderung bersisik, terutama di daerah alis. Sering terasa gatal, cenderung timbul keriput-keriput halus sebelum waktunya. Elastisitas kulit kurang dan sering bersifat sensitif. Sifat ini terbentuk akibat kurangnya sekresi kelenjar minyak dan sekresi kelenjar keringat. Dapat juga terjadi oleh penggunaan sabun berdeterjen tinggi maupun kosmetik berkadar alkohol tinggi; sering terkena sorotan sinar matahari langsung, memiliki kebiasaan merokok, sering berada dalam ruangan ber AC atau ber heater secara terus-menerus dalam waktu lama, kekurangan vitamin C dan kurang banyak minum air dalam dietnya.

Dalam perawatan sehari-hari, sebaiknya difokuskan pada mempertahankan kelembapan kulit dan mempertahankan keseimbangan kelenjar minyak pada kulit wajah. Untuk itu, pelembap atau kosmetika yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit kering. Sebaiknya dihindari pemakaian pelembap yang mengandung alkohol dan deterjen.

Agar wajah kelihatan bersih, setiap pagi dan malam hari dibersihkan dari segala kotoran, bekas tata rias untuk kaum wanita atau sisa serpihan kulit, menggunakan pembersih pH untuk kulit kering agar tidak terjadi iritasi. Selain dengan pembersihan wajah dengan menggunakan pembersih wajah. Untuk mengatasi kulit kering dapat menggunakan masker wajah kulit kering yang berasal dari berbagai bahan-bahan alami seperti buah dan rempah alami yang memberi nutrisi dan vitamin bagi wajah agar wajah terlihat lebih bersinar dan selain itu dapat menunda penuaan dini akibat kulit kering yang bersisik.

1. Masker wajah untuk kulit kering dengan menggunakan susu

Didihkan 2 sendok makan susu full cream dengan ½ gelas air. Biarkan hingga dingin. Ambil lapisan kental yang terbentuk pada permukaan air susu. Oleskan ke kulit sambil dilakukan penggosokkan secara lembut dan bilas hingga bersih.

2. Masker wajah untuk kulit kering dengan buah alpukat

Hancurkan seperempat buah alpukat matang, lalu masukkan satu sendok teh madu encer, dua sendok teh yogurt hidup alami dan dua tetes minyak melati atau mawar otto. Kemudian buatlah menjadii satu adonan untuk masker wajah. Oleskan secara merata pada bagian wajah, diamkan hingga masker menjadi kering. Kemudian bilas wajah sampai bersih dengan air bersih.

3. Masker wajah untuk kulit kering dengan menggunakan daun kol

Beberapa lembar daun kol, ¼ sendok teh ragi, 1 sendok teh madu. Ambil beberapa lembar daun kol, lalu haluskan (bisa menggunakan blender karena yang diperlukan adalah eksrak jusnya). Tambahkan ragi dan madu ke dalam jus daun kol, lalu aduk hingga merata. Masker siap dipakai. Oleskan ke wajah dengan menggunakan kuas agar lebih merata. Biarkan agak tebal memenuhi wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit. setelah itu hapus masker menggunakan kapas basah. Cucilah wajah. Masker ini dari mengurangi efek penuaan dini juag menghindarkan kulit dari kekeringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>