Masker Wajah Untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan jerawat. Jerawat sering terjadi pada kuam remaja, usia 15-19 tahun pada wanita dan 17-21 tahun pada pria, tetapi kadang terjadi pada anak-anak dan wanita dewasa dalam masa menstruasi.

Jenis jerawat yang mudah dikenali, adanya tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat juga dapat dipicu dari makanan yang banyak mengandug lemak, pemakaian kosmetika, polutan, faktor stres (emosional) dan sedikit kasus akibat masalah iklim. Pengobatan jerawat dilakukan lebih ditujukan untuk mengontrol jerawat dan membantu dalam penampilan yang lebih baik, serta menjaga terjadinya luka parut akibat peradangan. Peradangan bisa terjadi jika seseorang senang dan rajin memencet-mencet jerawatnya.

Pengobatan jerawat umumnya banyak dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis obat baik yang dioles atau dengan menggunakan pil. Untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dapat dilakukan dengan cara :

1. Mencuci muka dengan air hangat dua kali sehari
2. Jangan memakai sabun berlebihan, karena sabun bersifat komedogenik yang bisa mencetuskan timbulnya jerawat.
3. Jangan memegang atau mencet-mencet jerawat agar tidak terjadi peradangan
4. Hindari pemakaian kosmetiak yang mengandung bahan dasar minyak, sedapa mungkin bebaskan wajah dari kosmetika

Masker yang merupakan campuran berbagai zat, baik tumbuhan maupun zat kimia bersifat obat seperti antiradang dan nutrisi, sangat baik untuk yang menderita acne komedo. Pemakaian masker wajah pada kulit berjerawat komedo setelah tindakan panen komedo akan memulihkan kondisi kulit karena pori-pori kulit yang sudah dikeluarkan sumbatannya akan segera dibuat menciut menjadi lebih kecil. Jadi, masker dapat mengecilkan pori-pori wajah setelah proses facial.

Meskipun sudah banyak tersedia obat jerawat di apotek dan toko kosmteik, tetapi tak ada salahnya mencoba resep ini. Berikut ini ada beberapa jenis masker wajah yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat :

1. Masker wajah untuk menghilangkan jerawat

Bahan yang diperlukan :
- ½ buah apel
- ½ buah jeruk lemon yang diperas airnya
- Beberapa tangkai seledri

Cara membuat masker wajah berjerawat :

- Cara membuat masker : blender apel dan beberapa tangkai seledri lalu tambahkan perasan air jeruk lemon. Oleskan masker tersebut pada jerawat. Diamkan hingga mengering. Lalu bilas bersih. Seledri bermanfaat untuk membantu mengurangi pembengkakan jerawat.

2. Masker wajah berjerawat dengan daun pepaya

Daun pepaya mengandung senyawa antibakteri yang berfungsi mengurangi koloni bakteri pada wajah yang berjerawat. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker wajah berjerawat dengan daun pepaya :

- 2-3 lembar daun pepaya tua

Cara membuat masker wajah dengan daun pepaya :

- Siapkan daun pepaya tua
- Cuci dengan air mengalir, lalu tumbuk sampai halus
- Tambahkan sekitar satu setengah sendok air
- Oleskan pada kulit wajah. Diamkan sampai mengering. Cuci perlahan dengan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>